Menurut Henry Fayol, fungsi Manajer atau pemimpin organisasi memiliki beberapa fungsi yaitu merencanakan, mengorganisasi, memeritah, mengkoordinasi dan mengendalikan. Tetapi dari kelima fungsi ini dapat di ringkas menjadi empat: perencaan, pengorganisasiaan, pemimpinan dan pengendalian.
Perencaaan, mencakup penetapan tujuan, penegakaan strategi dan pengembangan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan.
Pengorganisasiaan, menetapkan apa tugas-tugas
yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakan, bagaimana tugas-tugas itu
dikelompokkan dan bagaimana hubungan struktur kerja harus dibuat.
Kepemimpinan, mencakup hal hal yang berkaitan
dengan bagaimana memotivasi karyawan, mengarahkan orang lain, menyeleksi
saluran, saluran komunikasi yang paling efektif dan yang tidak kalah penting
adalah bagaimana mengelola dan memecahkan konflik agar tidak menyimpang dari
tujuan organisasi.
Pengendalian, Tugas ini mencakup bagaimana
memantau kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan agar tidak ada penyimpangan arah
yang telah ditetapkan.~Litbang~
No comments:
Post a Comment